KISAH IMAM ABU MUHAMMAD IBNU HAZM
Ngaji Kitab Almaushua Fiqh Islam Bab 1 (Biografi Ulama), Pasal 5 (Kisah Imam Ibnu Hazm) Oleh Hasan Alaydrus
*NASAB
Ali bin ahmad bin said bin hazm bin ghalib bin shalih bin khalaf bin madan bin sufyan bin yazid bin abu sufyan bin harb al umawi. Moyang beliau yang bernama khalaf bin madan adalah orang angkatan awal yang menasuki tanah andalus bersama raja abdurahman bin muawiyah atau dikenal dengan ad dakhil. (1)
*KELAHIRAN*
Imam ibnu hazm lahir ditimur kota cordova, spanyol tepatnya di daerah maniyat al mughirah. Beliau lahir dirumah ayah beliau yang dekat dengan kota al manshur. Kota al manshur adalah kota yang dikhususkan untuk pusat pemerintahan maupun pusat kemiliteran. Imam ibnu hazm pernah mengabarkan ke abul qasim shaid bahwa ia lahir selepas sang imam mengucap salam ketika sholat shubuh. (2)
*PUJIAN ULAMA KEPADA BELIAU*
Abul qasim shaid bin ahmad berkata, "Ibnu hazm, orang andalus adalah yang menguasai ilmu islam dengan baik dan sangat luas wawasanya. Kemampuan beliau dibidang bahasa, balaghah, syair, tarikh dan lainya sangat bagus. Al fadhl memberi tau ke kami bahwa tulisan ibnu hazm ada sekitar 400 jilid yang berisi 80.000 halaman." (3)
"Ibnu hazm menyelamatkan ilmu agama, menukil dengan bagus, melantunkan syair dengan indah. Beliau taat, baik dan ikhlas. Karyanya mempunyai banyak manfaat, zuhud, dan sering dirumah untuk mengembangkan ilmu. Kami tidak ghuluw ataupun bersifat kasar ke ibnu hazm. Beliau mendapat banyak sekali pujian dari ulama besar sebelum generasi kami." (4)
Adz dzahabi berkata, "Ibnu hazm menguasai banyak ilmu, taat beragama, wara, zuhud, jujur. Ayah beliau ialah penjabat negara yang mulia, pemalu dan penuh wibawa." (5)
*KRITIK PARA ULAMA KEPADA BELIAU*
Adz dzahabi berkata, "Ibnu hazm terkadang tidak sopan kepada para imam, dan ia mendapat balasan yang sesuai dengan kelakuanya. Para imam menjauhi karya ibnu hazm dan ada yang membakar karyanya. Mereka mengambil manfaat sekaligus mengkritik ibnu hazm, mereka menukil sekaligus mencela ibnu hazm. Mereka mengetahui bahwa dalam tulisan ibnu hazm ada sesuatu yang berharga sekaligus permata yang tak berharga. Kadang mereka kagum kadang pula mengkritik. Sesungguhnya sempurna ialah sesuatu yang sangat langkah." (6)
Ibnu katsir berkata, "anehnya ibnu hazm menjadi zhahiri yang kebingungan. Dalam pasal furu', beliau tak menggunakan qiyas jaly dan pemikiran inilah yang membuatnya dikritik banyak ulama dan sekaligus menjadi kesalahan besar dalam pemikiranya. Dalam masalah ushul dan sifat Allah, ibnu hazm sering menggunakan takwil. Penyebabnya karna ia mempelajari ilmu logika dari muhammad bin hasan al kattani, seperti yang telah dicantumkan oleh ibnu makula dan ibnu khalikkan." (7)
Ibnu hayyan berkata, "Salah satu penyebab yang membuatnya tak disukai adalah karna ia loyal kepada ummayah, digenerasi awal atau akhir, dan ibnu hazm yakin bahwa kepemimpinan mereka sah. Hingga ada yang menyebut ibnu hazm dengan pemahaman nashb (pembenci ahlul bait)." (8)
*KARYA BELIAU MENURUT BEBERAPA ULAMA (9)*
1. Risalah ashabil ladzina akhraja lahum baqi bin makhalad
2. Risalah al qiraat al masyhurah fil amshar al attiyah majiut tawatur
3. Al muhalla
4. Masailul ushul
5. Risalah fil imamati fish shalat
6. Hujjahtul wada'
7. Manasikul hajj
8. Maratib al ijma
9. Risalah fi tharatil kalbi wa radd ala man qala binajasatihi
10. Risalah ghina al mulhi amubahun huwwa am mahzhurr
11. Kitabul irab anil hairah wal itibas al maujudin fi madzhab ahlil rayi
12. Ibthalis qiyaa war rayi wal ihtisham wa taqlid wat talil
13. Al ihkam fi ushulil ahkam
14. An nubadz al kafiyah fi ushuli ahkamid din
15. Al mulakhas ibtadil qiyas war rayi wal istihsan wat taqlid
16. Risalah fi radd ala hatim min bud
17. Kitabut taqrib li hadil manthiq wal madhkal ilahi bil alfazhil
18. Kitabul fashl fil milal wal ahwa wan nihal
19. Idzhari tabdil
20. An nashaih al munjiyyah
21. Al mufadhalah binash shahabah
22. Ushul wal furu
23. Ar radd ala ibnu nighrilah al yahudi
24. Qashidah fi raddbala nufqur malikur rumm
25. Risalatul bayan
26. Kutabut durrah fi tahqiqil lam bima yalzamul ihsan
27. Risalah fin nafs
28. Fasl fi marifatin nafs bi ghairah wa jahliha bi nafishah
29. Ibnu hazm fi jadal
30. Risalah fi alamil maut
31. Risalah fi hukmi man qala inna ahlasy syaqa'
32. Maratibul ulum
33. Risalatul taufiq ala syairin najati
34. Risalah fi mudawatin nufus
35. Risalah fi talkhis
36. Sirah nabawiyah
37. Risalah fi tasmiyati man nuqila
38. Jamalun min futuhil islam
39. Risalah fi ummahatil khulafah
40. Jamharat ansabil arab
41. Risalatul mizan
42. Nuqatul arus fi tawarikhil khulafah
43. Thuruqul himammah
44. Diwan ibnu hazm
45. Fi radd ala kindi al failsuf
46. Zhalul qumamah
47. Risalah al bahirah
48. Al masail al yaqiniyyah
49. Manzumat fi qawaid ushul fiqh azh zhahiriyah
50. Nubdza fil buyu'
51. Dan lainya
*WAFAT
Ibnu hazm menyebarkan ilmunya kepada kalangan muda yang berambisi memperoleh ilmu. Ibnu hazm banyak menghabiskan waktunya untuk menekuni bidangnya dan untuk menulis. Ibnu hazm wafat pada malam senin tanggal 28 syaban pada tahun 456 H (atau pada 15 juli 1064 M) ibnu hazm wafat dalam usia 72 tahun. Semoga Allah merahmatinya dan mengampuni segala kesalahanya, Aamiin. (10)
*REFRENSI
1. Siyar Alam Nubala (18/184-185)
2. Ibnu hazm al andalusi wa juhuduhu fil bahtsit tarikh wal hadhari (59)
3. Mujamul udaba' (12/238-239)
4. Siyar Alam Nubala (18/187)
5. Tadzkiratul huffaz (3/1146)
6. Siyar alam nubala (18/186-187)
7. Bidayah wa nihayah (12/92)
8. Tadzkiratul huffaz (3/1152)
9. Ibnu hazm al andalusi (117-121)
10. Disingkat dari min alamis salaf