Subscribe Us

header ads

Hari Santri Nasional, Ulama Kota Santri Pandeglang turut Semarak Apel Hari santri

Pandeglang, 23-10-2024. Tepat pada hari Selasa 22 Oktober 2024 gemuruh para santri di Kota Santri Pandeglang tumpah ruwah di alun-alun Kecamatan Kaduhejo Pandeglang guna melaksanakan Upacara Bendera Hari Santri Nasional (HSN, Red.) tahun 2024.
Ribuan santri dengan khidmat mengikuti jalannya agenda pra Upacara dan saat Upacara Bendera HSN, dengan penuh rasa simpatik warga Pandeglang terhadap HSN tiada lain adalah karena entitas santri di Pandeglang merupakan basis komunitas yang tak diragukan lagi, bahwa menurut catatan rekam jejak Panita HSN sejak diperingati resmi mulai tahun 2018 hingga kini selalu meriah, semarak dan kolaboratif dari pelbagai unsur yang terlibat.

Sambutan Pembina Upacara HSN Lukmanul Hakim dalam hal ini sebagai Kepala Kemenag Kabupaten Pandeglang telah membacakan amanat Menteri Agama RI, bahwa moto HSN 2024 " _Menyambung Juang - Merengkuh Masa Depan,_ tiada lain merupakan pondasi nilai-nilai dan jiwa kehidupan santri tidak boleh pudar karena hanya rintangan, melainkan wajib terus melangkah berjuang guna menggapai cita-cita besar.

Disela-sela pra upacara HSN awak media menyempatkan wawancara singkat dengan Ketua Pelaksana HSN Mohammad Irfan, " bahwa perhelatan gebyar mata lomba tahun ini fokus di Tahfidz Al-Qur'an, Qiraatul Kutub dan Mars HSN saja, mengingat masih banyak keterbatasan yang Panitia saat ini hadapi juga dikarenakan mendapatkan mandat dari Kementrian Agama dan Pemkab untuk gelar eventnya dibuat lebih sederhana, tapi tak sesederhana itu dalam menjalankan amanat ini " tukas Mohammd Irfan.

Nyatanya, dari hasil pantauan awak media dan kacamata publik bahwa HSN di Kota Santri Pandeglang selalu meriah. Di hadapan para tamu undangan dan segenap masyarakat Pandeglang disuguhkan juga karya dan kreatifitas para santri yang telah ditugaskan untuk perform di HSN. Kordiv Acara HSN Uung Ibnu Shobari menyampaikan bahwa petugas Paskibra dari Ponpes Global Aljabbar Labuan, Pembaca Teks UU, Pancasila, Ikrar Santri dan Ture dari Ponpes Kun Karima Pandeglang, Pemimpin Upacara dari GP Ansor Pandeglang, Paduan Suara dari Ponpes Atthohariyyah Saketi dan Pembacaan Teks Resolusi Jihad oleh PC NU Pandeglang.

Ada pula yang menarik pascaupacara HSN 2024 ini beberapa Pesantren turut memeriahkan arena dengan dukungan beberapa sponsor tentunya, disampaikan oleh Nurjanah - Bendahara HSN _" bahwa para sponsor selalu merasa tergugah di setiap momentum HSN untuk berbagi utamanya bagi para Juara 3 Mata Lomba, alhamdulillah "._

Tampil juga semarak kreasi seni santri di alun-alun kaduhejo, yaitu Tari Saman Santriwati Ponpes Model Noor El-Madeenah Bojong, Drum Band MA Al-Ihya Kaduronyok, Hadhroh Subul El-Salam.Cilaja dan Gambus MA Nurul Azmi Mekarjaya.

Tidak cukup itu, momentum HSN ini panitia juga sekaligus memberikan apresiasi penobatan dan penyematan Mamang Santri Tahun 2024 kepada Kabag Kesra Pandeglang Mang Santri Hadis dan Karutan Pandeglang Mang Santri Shaikhoni. (uis2446)